Bila tidak muncul video, silahkan klik link youtube berikut ini : VIDEO TATA CARA PESAN FLIGHT
Bila tidak muncul video, silahkan klik link youtube berikut ini : VIDEO TATA CARA PESAN HOTEL
CARA MELAKUKAN PROSES REISSUED TICKET
1. Email dari agent untuk permohonan Reiissued ticket beserta detail yang diinginkan dan alasan untuk reissued
2. Ticketing harus menghitung penalty dan perubahan dengan melakukan cross check ke airlines ataupun menyesuaikan dengan rules yang terdapat di GDS
3. Ticketing harus melihat ketersediaan seat di system , jika seat dengan class yang sama tidak ada maka harus upgrade ke class yang lebih tinggi. Jangan lupa menginformasikan tambahan biaya yang harus dibayarkan dan biaya reissued itu sendiri kepada agent melalui email.
4. Jika dari pihak agent sudah menyetujui semua kondisi yang kita informasikan. Maka Anda bisa mengganti jadwal di reservasi sesuai dengan jadwal yang dikehendaki dan mengirimkan XO atau Letter of Guarantee ke pihak wupi untuk proses reiissued dengan mencantumkan biaya reissued yang diinformasikan.
Berikut Pembatalan (Cancellation) & Refund berdasarkan kebijakan maskapai penerbangan:
Citilink
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 75% dari tarif dasar.
- Antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 50% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 40% dari tarif dasar.
- Antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 30% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 20% dari tarif dasar.
- Antara 4 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 10% dari tarif dasar.
- Setelah konter check-in ditutup atau no show, refund tidak dapat diajukan.
- Refund 100% hanya dapat terjadi berdasarkan pembatalan sepihak oleh maskapai.
- Untuk alasan force majeure, refund dapat dilakukan dengan biaya sebesar 10% dari tarif dasar
Garuda Indonesia
Kelas J, C, D, dan I:
- Lebih dari 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 10% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 20% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar.
- Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 30% dari tarif dasar.
Kelas Y, B, dan M:
- Lebih dari 72 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam hingga kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 35% dari tarif dasar.
Kelas K, N, dan Q:
- Lebih dari 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 35% dari tarif dasar.
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 60% dari tarif dasar.
- Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 90% dari tarif dasar.
Kelas T, V, S, dan H:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar.
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 35% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar.
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 60% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 70% dari tarif dasar.
- Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 90% dari tarif dasar.
Kelas L:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar.
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 60% dari tarif dasar.
- Antara 24 jam hingga 12 jam seberlum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 70% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam hingga 2 jam seberlum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 80% dari tarif dasar.
- Kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 90% dari tarif dasar.
*Semua persentase Cancelation Fee dihitung dari basic fare.
*Pengajuan refund diperkenankan selama tiket masih berlaku.
*Untuk tiket yang sudah digunakan tidak bisa diproses refund alias hangus.
*Untuk refund karena force majeure akan dikenakan potongan 10% dari basic fare.
*Untuk refund karena perubahan/pembatalan sepihak oleh Garuda bisa full.
*Untuk refund karena double issued bisa diajukan namun tidak bisa full.
*Untuk pengajuan refund tiket infant harus disertai refund tiket orang dewasa yang mendampingi.
Sriwijaya
Pembatalan (Cancellation) & Refund
- Biaya refund akan dihitung dari tarif dasar
- Tiket yang sudah check-in dianggap HANGUS
- Late check-in dikenakan biaya no show
- Biaya admin void e-tiket: Rp20.000 per dokumen
Kelas X, E, G, V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik :
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
- Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
Kelas I, D, C Rute Domestik:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
Kelas X, E, G, U, O Rute Internasional:
- Tidak diperbolehkan
Kelas V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y, I, D, C Rute Internasional:
- Lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan, refund tidak dikenakan biaya apa pun
- Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan Rp.270.000 / $20
- Setelah No-Show, dikenakan biaya pembatalan Rp.400.000 / $30
Ketentuan refund lainnya:
- Refund hanya dapat diproses sepanjang belum melewati masa berlaku tiket (lihat di bagian selanjutnya) dan status tiket “open for use”.
- Tiket yang habis masa berlakunya, menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat diuangkan
- Refund dapat dilakukan hingga maks. 2 hari setelah tiket kedaluwarsa
- Tiket dengan harga langsung (through fare) tidak dapat diuangkan sebagian
Untuk refund tiket dengan multi segment, maka segment yang akan diuangkan dapat diterima setelah segment lain diterbangkan (Refund mengikuti masa berlaku pada tiket segment tanggal kepulangan)
Lion Air
Kelas | >72 jam | ≤72 jam sampai 4 jam | <4 jam |
Semua kelas | CF 25% | CF 50% | CF 90%+taxes |
Semua persentase CF (Cancellation Fee) berdasarkan Basic Fare dari tiket yang aktif
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 50% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau no show, dikenakan biaya sebesar 90% dari tarif dasar
Proses refund dari maskapai Lion Grup terbagi dari dua bagian, yaitu melalui sistem (menggunakan user master dari login web Lion B2B) dan secara manual (memroses ke Lion Distrik Surabaya).
Syarat-syarat apa saja yang dapat dilakukan proses refund melalui sistem adalah :
- Penerbangan belum terjadi (hingga paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan)
- Belum dilakukan cancel untuk kode booking yang akan direfund
- Tidak ada reschedule dari pihak maskapai
Sedangkan untuk syarat-syarat apa saja agar dapat dilakukan proses refund secara manual, adalah kebalikan dari apa-apa saja yang bisa dilakukan melalui sistem.
Untuk kasus khusus yaitu double issued (data penumpang, rute dan tanggal sama), maka proses refundnya hanya dapat dilakukan secara manual saja. Akan tetapi, pihak travel agent harus mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak Lion, baru kemudian melakukan proses pengiriman Surat Kuasa ke pihak Lion dengan membawa surat balasan yang telah dikirimkan dari pihak Lion via email.
Diinformasikan bahwa berdasarkan peraturan terbaru dari manajemen AirAsia, efektif 16 Oktober 2017, seluruh permintaan refund yang dikarenakan adanya perubahan jadwal lebih dari 3 ( tiga ) jam dan atau pembatalan penerbangan yang dilakukan oleh pihak AirAsia, serta penumpang meninggal dunia, yang tiketnya diissued melalui login id travel agent menggunakan pembayaran AG/deposit harus diajukan melalui E-form AirAsia dengan link berikut :
https://support.airasia.com/s/customcontactsupport?language=en_GB
dengan menuliskan ” Refund to AG Top Up Account ( AG/deposit IDTxxxxxxx )“, pada kolom komentar. Dan pada bagian pembayaran untuk pembelian agar memilih ” Credit Card “.
Serta harus/wajib me
lampirkan file ( id card/passport tamu dan proxy letter ) dan submit.
*IDTxxxxxxx adalah ID keagenan yang dimiliki travel agent
Mengenai pertanyaan serta kendala yang berhubungan dengan reservasi keagenan AirAsia silahkan menghubungi iaa_travelagentsupport@airasia.com.
Cancellation (Pembatalan Sebelum Time Limit)
- GA: Cancellation sebelum time limit bisa dilakukan selama reservasi belum di issue/dicetak
- SJ: Cancellation sebelum time limit bisa dilakukan selama reservasi belum di issue/dicetak
- JT/ID/IW: Cancellation sebelum time limit bisa dilakukan selama reservasi belum di issue/dicetak
- QG: Khusus untuk Citilink auto canceled by time limit
Diharapkan jika keberangkatan masih jauh dan harga yang tercantum disistem masih sama, sebaiknya melakukan reservasi kembali.
Correct Name
- GA: Koreksi nama hanya diperbolehkan sebanyak maks. 3 karakter, lebih dari 3 karakter kena biaya koreksi nama. Dan metode pembayaran yang diterima berbeda-beda tergantung kantor cabang
- SJ: Koreksi nama diperbolehkan dengan batasan maksimal 3 karakter, jika lebih dari 3 karakter bisa change name dan dikenakan biaya Administrasi Rp. 200.000 harus dilakukan ke kantor cabang Sriwijaya Air
- JT/ID/IW: Koreksi Nama diperkenankan maks. 3 karakter dan jika lebih dari 3 karakter dikenakan biaya Administrasi Rp. 100.000, pembayaran langsung di Lion Tower.
- QG
- Koreksi nama dapat dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan
- Berlaku untuk min. kelas H dan dikenakan biaya admin Rp. 300.000/pax/segmen
- Dibawah kelas H dikenakan biaya admin Rp. 500.000/pax/segmen
- Nama setelah dikoreksi harus sesuai dengan kartu identitas (KTP/Paspor)
Koreksi nama subject to approval, dan kembali lagi ke otoritas bandara mengenai koreksi nama. Diharapkan jika harga yang tercantum pada sistem masih sama, sebaikanya melakukan reservasi kembali.
Prosedur Cancellation dan Correct Name bergantung kepada kebijakan yang berlaku pada masing – masing maskapai penerbangan. Pastikan membaca kebijakannya secara saksama dan ikuti panduan yang ada.
Ketentuan Sriwijaya Air
Call center
Perubahan data Ticket Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center Sriwijaya Air 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Masa Berlaku Tiket
Ketentuan refund juga tergantung pada masa berlaku tiket, yang berbeda-beda untuk tiap kelas:
>> Rute Domestik:
- Kelas X, E : 3 hari
- Kelas G, V : 7 hari
- Kelas T, Q : 14 hari
- Kelas N, M : 21 hari
- Kelas L, K : 1 bulan
- Kelas H, B : 2 bulan
- Kelas W, S, Y : 3 bulan
- Kelas I, D, C : 3 bulan
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
>> Rute Internasional:
- Kelas X, E, G, O, U, V, T, Q, N : 1 bulan
- Kelas M, L, K : 3 bulan
- Kelas H, B, W : 6 bulan
- Kelas S, Y, I, D, C : 1 tahun
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
Corr-Name dan Coorgender
- Rute domestik: Diperkenankan mengoreksi nama atau jenis kelamin dengan batasan maksimal 3 karakter dan dikenakan biaya administrasi Rp20.000
- Rute internasional: Koreksi nama maks. 5 karakter dikenakan biaya IDR 100,000/USD 10. Koreksi lebih dari 5 karakter dikenakan biaya IDR 250,000/USD 20 Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Reroute
- Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
- Kelas C, D, I, Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X Rute Domestik: Bisa
- Kelas U, O Rute Domestik: Tidak bisa
- Seluruh Kelas Rute Internasional: Tidak bisa
Ketentuan Reroute lainnya:
- Reroute hanya dilakukan sepanjang tiket masih berlaku
- Reroute memperhitungkan nilai tiket lama, apakah ada cancellation fee atau no show fee
- Reroute tidak mengembalikan nilai tiket lama jika terdapat kelebihan
- Kelas pada tiket baru minimal sama dengan kelas pada tiket lama
- Harga di tiket baru adalah harga sesuai rute yang baru
- Reroute dikenakan biaya administrasi reissue tiket Rp20.000 per tiket
Rebook/Reschedule
- Kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
- Upgrade kelas akan mengikuti ketentuan upgrade Sriwijaya Air
- Tiket yang sudah check-in akan dianggap hangus
- Kelas Ekonomi Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X, U, O
Rute Domestik:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
- Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
- Untuk rute domestik, reschedule juga dikenakan biaya rebook sebesar Rp50.000 dan biaya reissue Rp20.000 per tiket
Kelas Executive I, D, C Rute Domestik:
- Dapat dilakukan kapan saja, tanpa biaya pembatalan
Seluruh Kelas Rute Internasional:
- Reschedule harus dilakukan sebelum tiket kedaluwarsa
- Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp250.00
Ketentuan reschedule maju (berangkat lebih awal) diperbolehkan, dengan catatan:
- Seat masih tersedia
- Jika terjadi upgrade, maka mengikuti ketentuan upgrade
- Masa berlaku tiket dihitung mulai dari tanggal baru (jika reissue)
Ketentuan Upgrade tiket dalam Reschedule:
- Kelas X, E, G, V Rute Domestik: Min. 2 kelas ke atas
- Kelas T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik: Min. 1 kelas ke atas
- Kelas G, E, X, O, U, N, Q, T, V, K, L, M Rute Internasional: Min. 2 kelas ke atas
- Kelas W, B, H, S, Y Rute Internasional: Upgrade hanya bisa dilakukan ke kelas yang tersedia
Executive Class I, D, C Rute Domestik dan Internasional tidak berlaku upgrade. Jika kelas sesuai tiket full namun seat masih tersedia, maka dapat diajukan rebook ke kelas sesuai tiket (same class).
Upgrade untuk tiket rute domestik dikenakan biaya admin reissue tiket Rp20.000 per tiket
Untuk permintaan upgrade tiket dari kelas Ekonomi ke kelas Executive, tidak dikenakan biaya admin reissue tiket
Pembatalan (Cancellation) & Refund
- Biaya refund akan dihitung dari tarif dasar
- Tiket yang sudah check-in dianggap HANGUS
- Late check-in dikenakan biaya no show
- Biaya admin void e-tiket: Rp20.000 per dokumen
Kelas X, E, G, V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik :
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
- Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
- Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
Kelas I, D, C Rute Domestik:
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
Kelas X, E, G, U, O Rute Internasional:
- Tidak diperbolehkan
Kelas V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y, I, D, C Rute Internasional:
- Lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan, refund tidak dikenakan biaya apa pun
- Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan Rp.270.000 / $20
- Setelah No-Show, dikenakan biaya pembatalan Rp.400.000 / $30
Ketentuan refund lainnya:
- Refund hanya dapat diproses sepanjang belum melewati masa berlaku tiket (lihat di bagian selanjutnya) dan status tiket “open for use”.
- Tiket yang habis masa berlakunya, menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat diuangkan
- Refund dapat dilakukan hingga maks. 2 hari setelah tiket kedaluwarsa
- Tiket dengan harga langsung (through fare) tidak dapat diuangkan sebagian
Untuk refund tiket dengan multi segment, maka segment yang akan diuangkan dapat diterima setelah segment lain diterbangkan (Refund mengikuti masa berlaku pada tiket segment tanggal kepulangan)
Ketentuan Bayi (Infant)
- Tiket Infant harus disesuaikan jika terjadi perubahan pada tiket dewasa termasuk reroute, upgrade, dll.
- Masa berlaku tiket Infant untuk Kelas Y/C adalah 3 bulan
- Refund tiket bayi Kelas Eksekutive (I, C, D) diberikan full refund
- Refund tiket bayi hanya dikenakan biaya refund sebesar Rp20.000
- Untuk rute internasional, refund tiket bayi hanya dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp.70.000 / $5
CATATAN TAMBAHAN
Case yang jarang terjadi adalah case DOUBLE ISSUED, ketika menghadapi case seperti ini, pengembalian dari issued kedua (dengan penerbangan, rute, tanggal, dan data penumpang sama persis. Sub class berbeda tidak masalah) bisa dikembalikan 100% asalkan tiket tidak dinyatakan NO SHOW atau sudah dipastikan cancel sebelum penerbangan terjadi, jika sudah berstatus no show, maka tidak akan bisa kembali full dana dari reservasi tersebut.
Ketentuan Citilink
Call Center
Untuk perubahan data ticket Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center Citilink: 0804-1-08-08-08 / +6231-2931100.
Masa Berlaku Tiket
Seluruh kelas tiket: 5 hari
Ketentuan refund tergantung pada masa berlaku tiket yang dihitung dari tanggal keberangkatan. Tiket akan dianggap kedaluwarsa jika tidak digunakan hingga masa berlakunya habis.
Reroute/Pindah Rute
Tidak bisa
Corr-Name dan Coorgender
- Dapat dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan.
- Berlaku untuk min. kelas H dan dikenakan biaya admin Rp300.000 per penumpang/per segmen.
- Di bawah kelas H dikenakan biaya admin Rp500.000 per penumpang/per segmen.
- Nama setelah koreksi harus sesuai dengan kartu identitas.
Rebook/Reschedule
- Dapat dilakukan maks. 24 jam sebelum keberangkatan. Untuk penerbangan pulang-pergi, periode 24 jam dihitung dari waktu keberangkatan penerbangan pergi. Seluruh perubahan akan dikenakan biaya admin Citilink sebesar Rp100.000 per tiket.
- Jika upgrade ke kelas yang lebih tinggi, akan dikenakan selisih harga tiket baru.
Pembatalan (Cancellation) & Refund
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 75% dari tarif dasar.
- Antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 50% dari tarif dasar.
- Antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 40% dari tarif dasar.
- Antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 30% dari tarif dasar.
- Antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 20% dari tarif dasar.
- Antara 4 jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan, mendapatkan jumlah refund sebesar 10% dari tarif dasar.
- Setelah konter check-in ditutup atau no show, refund tidak dapat diajukan.
- Refund 100% hanya dapat terjadi berdasarkan pembatalan sepihak oleh maskapai.
- Untuk alasan force majeure, refund dapat dilakukan dengan biaya sebesar 10% dari tarif dasar.
- CATATAN TAMBAHAN
Case Double Issued bisa dikembalikan 100% (nama penumpang sama, rute dan tanggal sama, dan tidak masalah jika sub-class berbeda) jika diajukan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan.
Call center
Perubahan data ticket Harus dilakukan melalui Call Center Lion Air: 0804-1-77-88-99
Masa Berlaku Tiket
- Seluruh kelas tiket: 90 hari
- Ketentuan refund tergantung pada masa berlaku tiket yang dihitung dari tanggal keberangkatan. Tiket akan dianggap kedaluwarsa jika tidak digunakan hingga masa berlakunya habis.
Reroute/Pindah Rute
Tidak bisa.
Corr-Name dan Coorgender
- Diperkenankan 2-3 huruf, jika melebihi konfimasi ke maskapai ( akan di kenakan biaya core name ).
- Untuk core Gender tidak di kenakan biay
Rebook/Reschedule
- Reschedule minimal di kelas yang sama
- Di atas 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya admin Rp100.000 dan selisih harga tiket baru
- Kurang dari 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
- Antara 24 jam hingga 2 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 80% dari tarif dasar
- Setelah waktu check-in, dikenakan biaya pembatalan sebesar 90% dari tarif dasar
- Reschedule tiket bayi tidak dikenakan biaya admin maupun biaya pembatalan
- Jika harga tiket baru yang lebih rendah, selisih harga tidak akan dikembalikan
Pembatalan (Cancellation) & Refund
Kelas | >72 jam | ≤72 jam sampai 4 jam | <4 jam |
Semua kelas | CF 25% | CF 50% | CF 90%+taxes |
Semua persentase CF (Cancellation Fee) berdasarkan Basic Fare dari tiket yang aktif
- Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 25% dari tarif dasar
- Antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya sebesar 50% dari tarif dasar
- Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau no show, dikenakan biaya sebesar 90% dari tarif dasar
Proses refund dari maskapai Lion Grup terbagi dari dua bagian, yaitu melalui sistem (menggunakan user master dari login web Lion B2B) dan secara manual (memroses ke Lion Distrik Surabaya).
Syarat-syarat apa saja yang dapat dilakukan proses refund melalui sistem adalah :
- Penerbangan belum terjadi (hingga paling lambat 4 jam sebelum keberangkatan)
- Belum dilakukan cancel untuk kode booking yang akan direfund
- Tidak ada reschedule dari pihak maskapai
Sedangkan untuk syarat-syarat apa saja agar dapat dilakukan proses refund secara manual, adalah kebalikan dari apa-apa saja yang bisa dilakukan melalui sistem.
Untuk kasus khusus yaitu double issued (data penumpang, rute dan tanggal sama), maka proses refundnya hanya dapat dilakukan secara manual saja. Akan tetapi, pihak travel agent harus mengirimkan email terlebih dahulu ke pihak Lion, baru kemudian melakukan proses pengiriman Surat Kuasa ke pihak Lion dengan membawa surat balasan yang telah dikirimkan dari pihak Lion via email.
Kebijakan penumpang anak-anak,bayi dan ibu hamil Lion Air
- Untuk usia kehamilan di atas 28 minggu, penumpang diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa penumpang fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Penumpang juga akan diminta mengisi formulir pertanggungan resiko Form of Indemnity (FOI)
- Bayi di bawah usia 2 hari tidak diperkenankan dalam penerbangan, sedangkan bayi usia antara 3 sampai 7 hari harus disertai dengan surat keterangan medis yang menyatakan bahwa bayi tersebut fit secara medis untuk melakukan penerbangan. Surat keterangan medis tersebut diterbitkan setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan.
- Kategori bayi adalah di bawah 2 tahun dan orang tua bayi harus menandatangani formulir pertanggungan resiko (FOI). Anak-anak di atas usia 2 tahun dikenakan tarif yang sama dengan penumpang dewasa.
Yang harus dilakukan :
- TICKETING
- Menguasaitata cara menerima dan menutup telepon yang sudah dibuatkan SOP nya agar terdapat penyamarataan dalam cara menerima dan menutup telepon dan kondisi saat berbicara
- Menguasai alur sistem reservasi tiket domestik dimana untuk pembuatan reservasi tiket domestik diperlukan rute perjalanan, tanggal keberangkatan , tanggal kepulangan , pesawat yang diinginkan, total penumpang yang akan bepergian serta dokumen seperti nama sesuai dengan KTP dan no telpon.
- Menguasai alur sistem reservasi tiket internasional dimana untuk pembuatan reservasi tiket internasional diperlukan rute perjalanan, tanggal keberangkatan , tanggal kepulangan , pesawat yang diinginkan, total penumpang yang akan bepergian serta dokumen seperti nama sesuai dengan passport, No passport, tanggal lahir serta data mengenai visa yang berlaku di negara yang diminta, no telepon.
- Menguasai alur sistem reservasi hotel dimana untuk pembuatan reservasi untuk hotel dibutuhkan nama hotel yang diinginkan, nama sesuai KTP (domestik hotel), nama sesuai passpor(internasional hotel), periode waktu menginap dan tipe kamar yang diinginkan dan total orang yang akan menginap.
- Membantu mengatasi permasalahan mengenai tiket sebagai berikut :
5.1. Issued
Untuk Issued tiket ini dapat dilakukan melalui sistem wupi sbb :
5.1.1. Membuka website wupi
5.1.2. Login dengan ID yang sudah diberikan
5.1.3. Pilih Flight
5.1.4. Memilih rute sekali jalan (Single) atau pulang pergi (return)
5.1.5. Memasukkan nama kota atau airport keberangkatan dan nama kota atau airport kepulangan
5.1.6. Memasukkan tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan (dd-mm-yyyy)
5.1.7. Masukkan total penumpang (dewasa, anak maupun bayi)
Dewasa = Berusia lebih dari 12 tahun
Anak-anak = Berusia minimal 24 bulan s/d dibawah 11 tahun 11 bulan
Bayi / infant = Berusia dibawah 23 bulan
5.1.8. Klik search / mencari
5.1.9. Setelah schedule dari penerbangan sudah keluar
5.1.10. Memilih jadwal yang diinginkan contoh jam keberangkatan dan jam kepulangan
serta pesawat yang ingin digunakan
5.1.11. Perincian total harga akan muncul dalam BOOKING SUMMARY
5.1.12. Klik Book Now
5.1.13. Masukkan data penumpang ( Nama, tanggal lahir, jenis kelamin, no telpon dan
handphone,alamat email )
5.1.14. Klik untuk Book Now Pay Later jika rolling deposit yang tertera tidak mencukupi maka
diperlukan untuk top up terlebih dahulu dan untuk Book and Issued jika rolling depositnya mencukupi maka tiket akan langsung terissued.
5.1.15. Invoice akan segera diterbitkan setelah tiket terissued
5.2. Rebook (reservasi ulang)
Rebook tiket ini terjadi dikarenakan timelimit sudah lewat dan adanya perubahan pada jadwal penerbangan yang diinginkan Untuk Rebook tiket ini dapat dilakukan secara manual
5.2.1. Sub agent memberikan informasi secara detail untuk perubahan jadwal
penerbangannya seperti tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan dan jam keberangkatan serta jam kepulangan yang mau dirubah melalui email untuk menghindari miscommunication
5.2.2. Sebelum perubahan dilakukan harap dilakukan pengechekan terlebih dahulu
terutama untuk seat yang masih available, class yang available, jika tidak ada class yang sama maka akan ada penambahan biaya untuk class yang lebih tinggi. Semua hal ini harus diinformasikan terlebih dahulu sebelum perubahan dilakukan. Semua diinformasikan melalui email. Jika sudah disetujui maka perubahan dapat dilakukan melalui sistem Abacus
5.2.3. Jika perubahan telah dilakukan mohon di email untuk reservasi yang sudah dirubah.
5.3. Reissued (issued dengan perubahan)
Reissued tiket ini terjadi dikarenakan adanya perubahan pada jadwal penerbangan setelah ticket diissued.
Untuk Reissued tiket ini dapat dilakukan melalui team support wupi telepon di : (021) 2981-2555 / Whatsapp: 08-777-5000-255
5.3.1. Sub agent memberikan informasi secara detail untuk perubahan jadwal penerbangannya seperti tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan dan jam keberangkatan serta jam kepulangan yang mau dirubah melalui email untuk menghindari miss communication
5.3.2. Sebelum perubahan dilakukan harap dilakukan pengechekan terlebih dahulu terutama untuk seat yang masih available, class yang available,biaya penalty yang dikenakan airlines, jika tidak ada class yang sama maka akan ada penambahan biaya untuk class yang lebih tinggi
Semua hal ini harus diinformasikan terlebih dahulu sebelum perubahan dilakukan. Semua diinformasikan melalui email. Jika sudah disetujui maka perubahan dapat dilakukan melalui team support wupi
5.3.3. Jika rolling deposit nya tidak mencukupi maka mohon diinformasikan ke sub agent untuk melakukan top up terlebih dahulu sebelum perubahan dilakukan
5.3.4. Jika Top up nya sudah masuk ke account Wupi maka proses reissued segera dilakukan dengan mengirimkan email dan melakukan top up dikirimkan ke team support wupi
5.3.5. Kemudian bagian Ticketing call center bisa menghubungi/mengirimkan email ke tamu untuk menginformasikan bahwa tiket yang sudah direissued dan kirimkan e-ticket nya.
5.4. Refund (pengembalian)
Refund tiket ini terjadi dikarenakan tiket yang tidak terpakai maupun yang batal berangkat Untuk Refund tiket ini dapat dilakukan dengan bantuan team support wupi
5.4.1. tamu memberikan informasi secara detail untuk tiket yang tidak terpakai dan pembatalan keberangkatan paling lambat 1 hari sebelum tanggal keberangkatan ( tergantung maskapai / liat peraturan maskapai
5.4.2. Setelah menerima email pembatalan keberangkatan maka segera dilakukan pengechekan peraturan refund melalui team support wupi
5.4.3. Lakukan penghitungan biaya refund sesuai dengan peraturan refund dari pihak airlines
5.4.4. Lampirkan copy ticket yang akan diproses refund dan perhitungan refund yang sudah dibuat berdasarkan peraturan refund airlines ke bagian accounting wupi
5.4.5. Kemudian akan dilanjutkan proses nya ke pihak airlines yang ditentukan sesuai dengan ticket
5.4.6. Proses refund membutuhkan waktu +/- 3 bulan
5.4.7. Setelah refund keluar maka akan langsung dimasukan ke dalam top up
5.4.8. Refund yang keluar akan dikenakan biaya administrasi wupi sebesar Rp 30.000 / tiket
- Mempelajari cara untuk melacak kode booking atas reservasi yang dibuat oleh sub agent melalui sistem head office. Contoh nya : melacak berdasarkan nama penumpang.
- Menyiapkan informasi tamu untuk pemecahan masalah dalam reservasi tiket domestik , tiket internasional dan hotel . Hal ini berguna untuk menampung masalah-masalah yang timbul dan dicarikan jalan keluarnya agar masalah dapat terpecahkan. Semua data ini bisa dibuat dalam bentuk exce dengan memasukkan data sbb
- Nama
- No Whats App
- Email Address
- Menampung keluhan dari sub agent contohnya permasalahan-permasalahan yang terjadi setiap hari seperti permasalahan sistem, pelayanan dan mencarikan solusinya (Date, agent name, case, no telp, PiC)Contohnya seperti : sistem yang error, pelayanan dari staff yang dirasakan tidak membantu.
- Menyiapkan laporan harian sbb :
- Laporan harian untuk total tamu yang issued ticket maupun voucher hotel untuk dibandingkan dalam sistem wupi.
Masuk https://ver2.wupi.id
Lalu lakukan login
Pilih Menu Admin
– Klik Menu users
– Pilih Edit
– Lalu lakukan perubahan password
– Klik Save
Tolong di email ke info@wupi.id atau menghubungi sales wupi
Tolong di email ke info@wupi.id, menghubungi sales wupi atau Whatsapp wupi
Tolong di email ke info@wupi.id